Selasa, 11 Maret 2008

MATH MAGIC
Kemampuan visio-spasial Anda sesungguhnya adalah jenis-jenis kemampuan yang banyak dan berbeda-beda, dari menangkap detail, hingga memahami pengaturan detail-detail itu menjadi berbagai pola, sampai mencocokkan pola-pola tersebut ke dalam suatu landasan pengetahuan sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan dengannya. Untuk mengukur tingkat kemampuan visio-spasial Anda, coba jawab soal cerita di bawah ini.
Sir Rodney Koala sedang menyusun kembali buku-bukunya pada rak buku ketika dia mendapati seekor ngengat bertengger di atas dua jilid buku War and Peace miliknya.
"Kamu tidak bermaksud menikmati Tolstoy yang kusayangi sebagai makan siangmu, bukan?", "Tolstoy,schmolstoy," sahut ngengat dengan seringai mengejek, "semuanya sama bagiku. Yang kutahu hanyalah," lanjutnya, sambil menilai-nilai novel tersebut dengan mata yang lapar, "jika semua pengarangmu punya masalah seperti dia , yaitu tidak tahu kapan menutupmulutnya, aku akan menjadikannya makan siangku-istriku dan anak-anakku juga."
Sir Rodney, tipe yang lebih suka menggunakan kekuatan otak daripada otot,memutuskan untuk berunding. Baiklah kalau begitu, mari kita buat perjanjian. Kamu harus makan untuk hidup. Tapi aku hidup untuk membaca-dan edisi Tolstoy itu merupakan koleksiku yang paling berharga, meskipun jilidnya sudah agak jelek. Perjanjiannya begini : Setiap jilid War and Peace panjangnya 550 halaman. Jika aku biarkan kamu memakannya dari halaman pertama jilid pertama sampai halaman terakhir jilid kedua, maukah kamu berjanji akan meninggalkan sisanya?"
Ngengat tertawa terbahak-bahak kegirangan. "Makan terus dari halaman pertama jilid pertama sampai halaman terakhir jilid kedua! Kamu sinting, ya? Aku akan menghabiskan sekitar ssepuluh halaman sehari. Aku memang bukan ahli matematika, tapi dengan kecepatan itu aku akan tetap kenyang selama berminggu-minggu." Ngengat menggeleng-gelengkan kepalanya dengan belas kasihan yang mengejek." Kamu tahu, Pak Koala, mungkin kamu banyak membaca, tapi yang pasti kamu tidak punya kecerdasan jalanan. Oke, janji ya."
Pertanyannya,
Berapa lama waktu yang dibutuhkan ngengat untuk memakan jumlah halaman yang telah disepakati dalam perjanjian itu?
Benarkah Ngengat benar-benar beruntung karena perjanjian tersebut? Kenapa?
Nah,merasa mampu untuk menjawab? Kemukakan pendapatmu! Tulis pada secarik kertas dan kirimkan ke redaksi Math News.
Petunjuk: Kalau ragu pikirkanlah di Perpus atau di tempat rental komik atau kalau males keluar lihat rak bukumu yang penuh dengan buku-buku yang tersusun rapi.

Tidak ada komentar: