Senin, 10 Maret 2008

advokasi (PEKAD) yang bergerak dalam pengenalan kampus dalam hal ini yaitu jurusan pendidikan matematika kepada masyarakat yang berada diluar kampus, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui bahwa di UIN sunan kalijaga juga mempunyai jurusan yang bergerak di bidang kematimatikaan. Yang ketida adalah departemen pengembangan mahasiswa (DEPKEMMA) yang bergerak dibidang pengembangan kreativitas mahasiswa untuk menjadi lulusaan yang memang kompeten di bidangnya. Yang terakhir adalah departemen humas dan jurnalistika (DETIK), departemen ini bergerak dalam bidang penyaluran informasi tentang be mps pendidikan matematika bahkan informasi yang mencakup fakultas serta menampung dan menyampaikan kreatifitas mahasiswa di bidang dunia tulis menulis.
Sebagai salah satu contoh kegiatan yang rutin diagendakan oleh bemps pendidikan matematika adalam mathematic’s study club (MSC) yang rencananya akan dilakukan tiap periode. kegiatan ini dibawah naungan DEPKEMMA. Lalu ada lagi yang namanya kantin yaitu kajian rutin yang dilaksanaka sebulan sekali pada period eke III tiap bulannya kegiatan ini dibawah naungan DEPINPEKA. Serta yang tidak kalah menarik adalah bulitin math news yang terbit tiap bulan sekali dan kegiatan-kegiatan yang lain yang tidak kalah menariknya, termasuk kegiatan-kegiatan yang di bawahi oleh DEPKEMMA. Itulah tadi sedikit tentang profil be mps pendidikan matematika yang merupakan badan eksekutif di tingkat jurusan yang mengakomodir kesekian pendapat dari setiap mahasiswa yang bernaung dalam jurusan pendidikan matematika. Dalam hal ini sebenarnya telah tebentuk wibe site yang telah dibentuk oleh kakak pendahulu kami tetapi karena suatu masalah teknis sehingga hal untuk mengakses be mps pendidikan matematika melalui internet menjadi tidak mungkin untuk dilakukan lagi.
*Penulis Adalah Ketua
BEM-PS Pendidikan Matematika


Jurusan pendidikan matematika merupakan salah satu jurusan yang di buka oleh universitas sunan kalijaga Yogyakarta. Karenamungkin mempunyai prosperk yang memungkinkan untuk tersedianya lapangan pekerjaan yang meyakinkan di kemudian hari mehasiswa jurusan ini membludak, mungkin itulah alasa sebagian mahasiswa yang masuk pada jurusan ini. Tidak luput dari pandangan dan pemisalan, universitas bagaikan suatu Negara yang dipempin oleh seorang presiden. Termasuk di kalangan mahasiswa sendiri merupakan suatu massa yang memang harus di pimpin oleh seorang presiden dalam hal ini telah terpilih seorang presiden mahasiswa. Di kalangan jurusan sendiri ada yang namanya badan eksekutif mahasiswa (BEM) yang juga merupakan kelanjutan dasi suatu sistim pemerintahan yang ada dikalangan mahasiswa. Termasuk be mps pendidikan matematika yang ada dalam jurusan pendidikan matematika.
Bem ps pendidikan matematika dilahirkan pada tanggal 14 mei 2003. sehingga kalau dihitung-hitung umur bem ps pendidikan matematika sudah berumur lima tahun hingga mei 2007 ini. Umur yang dibilang tidak terlalu tua untuk suatu organisasi kemahasiswaan tersebut tidak membuat kinerja be mps pendidikan matematika menjadi mandek dan kurang menggigit, tetapi be mps pendidikan matemaitka dengan sekuat hati mencoba untuk menjadi yang terbaik dalam menjalankan amanat dari rakyat dalam hal ini adalah mahasiswa pendidikan matematika. Sehingaga tersusunlah beberapa departemen yang ada dalam tubuh be mps pendidikan matematika itu sendiri.
Departemen dalam BEM-PS Pendidikan matematika terbagi menjadi empat departemen. Yang pertama yaitu departemen intelektual, penalaran dan kajian (DEPINPEKA) yang bergerak di bidang keilmuan sehingga diharapkan mahasiswa nantinya menjadi mahasiswa yang dapat berpikir kritis (bukan mengkritik) sehingga tercipta apa yang dinamakan interaksi dan interkoneksi yang sesungguhnya. Kedua adalah departemen pengembangan kampus dan advokasi (PEKAD) yang bergerak dalam pengenalan kampus dalam hal ini yaitu jurusan pendidikan matematika kepada masyarakat yang berada diluar kampus, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui bahwa di UIN sunan kalijaga juga mempunyai jurusan yang bergerak di bidang kematimatikaan. Yang ketida adalah departemen pengembangan mahasiswa (DEPKEMMA) yang bergerak dibidang pengembangan kreativitas mahasiswa untuk menjadi lulusaan yang memang kompeten di bidangnya. Yang terakhir adalah departemen humas dan jurnalistika (DETIK), departemen ini bergerak dalam bidang penyaluran informasi tentang be mps pendidikan matematika bahkan informasi yang mencakup fakultas serta menampung dan menyampaikan kreatifitas mahasiswa di bidang dunia tulis menulis.
Sebagai salah satu contoh kegiatan yang rutin diagendakan oleh bemps pendidikan matematika adalam mathematic’s study club (MSC) yang rencananya akan dilakukan tiap periode. kegiatan ini dibawah naungan DEPKEMMA. Lalu ada lagi yang namanya kantin yaitu kajian rutin yang dilaksanaka sebulan sekali pada period eke III tiap bulannya kegiatan ini dibawah naungan DEPINPEKA. Serta yang tidak kalah menarik adalah bulitin math news yang terbit tiap bulan sekali dan kegiatan-kegiatan yang lain yang tidak kalah menariknya, termasuk kegiatan-kegiatan yang di bawahi oleh DEPKEMMA. Itulah tadi sedikit tentang profil be mps pendidikan matematika yang merupakan badan eksekutif di tingkat jurusan yang mengakomodir kesekian pendapat dari setiap mahasiswa yang bernaung dalam jurusan pendidikan matematika. Dalam hal ini sebenarnya telah tebentuk wibe site yang telah dibentuk oleh kakak pendahulu kami tetapi karena suatu masalah teknis sehingga hal untuk mengakses be mps pendidikan matematika melalui internet menjadi tidak mungkin untuk dilakukan lagi.




Jangan Pernah Menyalahkan Keadaan Atas Apa Yang Tak Mampu Kamu Lakukan Dan Atas Apa Yang Tak Mampu Kamu Dapatkan
Karena Ingatlah!!!!!
Allah Tak Pernah Mendzolimi MakhlukNya.
Math News – Edisi Oktober 2007
Ta’aruf MABA dan AMT, Ketua BEM PS Pendidikan Matematika dan Ketua BEM PS Matematika. Acara Ta’aruf diisi dengan sosialisasi program kerja yang telah dicanagkan. Terlihat jelas begitu banyak Mahasiswa Baru yang mengalami kebingungan mengenai apa yang terjadi selama acara sosialisasi berlangsung. Dalam benak mereka mungkin ada tanda tanya yang besar sekali, kenapa yang berdiri di depan ada dua BEM.
Acara ta’aruf yang bertemakan "Peran Signifikan LKM Sebagai Ruang Individuasi Nalar Kritis Transformatif Mahasiswa". Target yang ingin dicapai adalah supaya mahasiswa dapat berperan aktif mengembangkan potensi dirinya melalui berorganisasi. AMT ditujukan memberikan motivasi, inspirasi bagi mahasiswa untuk bergerak lebih baik menjalani kehidupan ke depan. (Chandra)

TA’ARUF MAHASISWA BARU DAN AMT
Kegiatan tak’aruf mahasiswa baru yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September 2007, merupakan program pertama yang dilakukan BEM PS Matematika yang sudah dirancangkan dalam Rapat Kerja anggota BEM terdahulu. Dalam persiapan kegiatan tersebut begitu banyak kendala yang dirasakan oleh panitia mulai dari hengnya LCD yang akan digunakan untuk presentasi. Ta’aruf ini dihadiri oleh sekitar 70% dari keseluruhan mahasiswa baru. Dirasa kegiatan telah berjalan seperti yang diharapkan.
Acara demi acara telah berjalan. Yang menjadi pembicara yaitu dari DEMA, BEM Fakultas, Ka-prodi Matematika, Ketua Panitia Ta’aruf MABA dan AMT, Ketua BEM PS Pendidikan Matematika dan Ketua BEM PS Matematika. Acara Ta’aruf diisi dengan sosialisasi program kerja yang telah dicanagkan. Terlihat jelas begitu banyak Mahasiswa Baru yang mengalami kebingungan mengenai apa yang terjadi selama acara sosialisasi berlangsung. Dalam benak mereka mungkin ada tanda tanya yang besar sekali, kenapa yang berdiri di depan ada dua BEM.
Acara ta’aruf yang bertemakan "Peran Signifikan LKM Sebagai Ruang Individuasi Nalar Kritis Transformatif Mahasiswa". Target yang ingin dicapai adalah supaya mahasiswa dapat berperan aktif mengembangkan potensi dirinya melalui berorganisasi. AMT ditujukan memberikan motivasi, inspirasi bagi mahasiswa untuk bergerak lebih baik menjalani kehidupan ke depan.

1. Mathemagics (cara jenius belajar Matematika)
Mathmagic merupakan materi pertama yang disampaikan oleh Team Mathemagics yang terdiri dari 3 orang yaitu bapak Bayu dan 2 asistennya. Berisi tentang pentingnya membangun konsep diri yang positif pada anak senelum mereka belajar matematika. Kemudian matematika ditampilkan menjadi suatu hal yang menarik dan menyenagkan bagi anak dengan penyampaian yang kreatif dengan didukung alat peraga yang bervariasi sehingga dapat digali daya visualisasi, auditori dan kinestetik anak.
2. Internalisasi Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran
Pembahasan ini disampaikan oleh Bapak Untung, Beliau adalah staf dari PPPPTK Matematika. Beliau memaparkan mengenai pentingnya pemaparan secara kongrit dari suatu konsep yang abstrak. Di sinilah dibutuhkan alat peraga sebagai tampilan kongrit untuk menanamkan konsep matematika pada anak. Dengan alat peraga yang bervariatif penanaman konsep dirasa lebih mudah untuk dipahami.
Acara selesai pada pukul 12.30 yang di akhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada kedua pemateri. Besar harapan agar tujuan dari acara ini benar-benar dapat tercapai. (Mulati)
MATHEMATICS IS FUN
Matematika adalah pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan, Matematika seringkali disebut momok oleh sebagian orang yang memang kesulitan dalam memahami matematika. Beberapa argumen tersebut merupakan sebagian kecil dari realita yang ada di lapangan. Hal tersebut merupakan salah satu dasar yang melatar belakangi diadakannya kegiatan ‘Mathematics is Fun" oleh BEM PS Pendidikan Matematika.
Dengan bentuk kegiatan berupa seminar dan workshop Mathemagics dan Internalisasi Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran, kegiatan ini mengambil tema "Dengan matematika mari kita jadikan hidup lebih indah dan mengasyikkan". Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru sekolah dasar di Yogyakarta. Diharapkan akan terbentuk pengajar yang kreatif dan inofatif sehingga tercipta pembelajaran matematika yang mengasyikan. Acara ini di laksanakan pada hari Sabtu, 25 Agustus 2007 yang dilaksanakan di ruang Theatrical Fakultas Tarbiyah. Acara dimulai pukul 09.00. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Pembantu Dekan III Fakultas Tarbiyah yaitu Dr. Sangkot Sirait, M.Ag yang bertindak sebagai pembuka acara dan memberikan sedikit sambutan.
Ada dua pembahasan penting yang disampaikan dalam seminar yaitu :
Math News – Edisi Oktober 2007

Tidak ada komentar: