Senin, 10 Maret 2008

BAB I
PENDAHULUAN
Menurut bahasa, MATLAB adalah singkatan dari mathematics laboratory atau matrix laboratory. Dalam ilmu komputer matlab didefinisikan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengerjakan operasi aljabar matriks. Matlab merupakan sistem interaktif yang data dasarnya adalah matriks. Matriks dianggap data dasar dalam matlab karena semua masukan ( input ) di matlab dapat ditulis dalam bentuk matriks.
Yang dimaksud dengan interaktif bahwa bahasa matlab dapat memenuhi keinginan pemakai secara langsung. Sebagai contoh jika ingin ditampilkan angka tiga di layar matlab maka pemakai dapat mengetik angka tersebut langsung kemudian menekan tombol enter maka angka itu akan tampil kembali di layar matlab.
Matlab pertama kali disusun oleh Cleve Moler yang menulis bahasa ini dengan menggunakan bahasa pemrograman fortrans di Mexico University dan Stanfort Unifersity pada akhir 1970-an. Bahasa matlab ditunjukkan untuk digunakan pada teori Matriks, Aljabar Linier dan Analisis Numeris.
Matlab saat ini ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C oleh The Math Works. Edisi pertama matlab ditulis oleh Steve Bangert dimana ia menulis bagian interpreter. Sekarang kemampuan matlab jauh melebihi kemampuan ( Matrik Laboratory ) semula. Kita bisa mengatakan bahwa matlab adalah bahasa canggih untuk melakukan kegiatan komputasi.












BAB II
PEMBAHASAN
A. Memulai Matlab
1. Menginstal matlab
Jika perangkat lunak matlab belum diinstal maka perangkat lunak itu harus diinstal terlebih dahulu. Cara menginstal perangkat lunak matlab adalah sebagai berikut :
a. Letakkan CD yang berisi matlab pada CD-ROM drive.
b. Pada sistem operasi Windows 95, 98, 2000, 2002, dan XP, program Setup akan bekerja otomatisjika matlab diinstal. Cara lain untuk menginstal matlab adalh mengeklik dua kali pada ikon Setup.exe untuk memulai penginstalan.
c. Pada saat proses penginstalan berjalan maka akan muncul beberapa persetujuan lisensi. Terima atau tolak lisensi tersebut. Jika anda menerima persetujuan lisensi tersebut, anda dapat meneruskan penginstalan.
d. Pada layar Customer information, masukkan nama anda dan nama tempat kerja anda. Tekan tombol Next.
e. Klik pada kotak ( box ) di samping nama komponen untuk menandai komponen yang mana yang ingin diinstal. Klik pada tanda cek untuk untuk membatalkan pilihan suatu komponen yang tidak ingin diinstal pada saat itu. Tampilan ini menganggap bahwa C:\MATLAB adalah direktori tempat yang diinginkan untuk menginstal matlab dan setiap Toolbox. Tekan Browse jika anda ingin menginstal ke direktori yang lain.
2. Mengaktifkan matlab
Setelah perangkat lunak matlab diinstal maka layar utama matlab dapat diaktifkan. Terdapat dua cara untuk mengaktifkan matlab yaitu secara langsung dan cara tidak langsung.
a. Cara langsung
Secara tidak langsung dapat diaktifkan dengan mengeklik dua kali pada icon matlab.
b. Cara tidak langsung
Secara tidak langsung bisa mengikuti langkah – langkah sebagai berikut :
1. Start
2. Programs
3. Matlab Release 12
4. Matlab R12
5. Klik dua kali pada matlab R12
6. Layar utama matlab akan muncul.
3. Metode menulis program matlab
Terdapat dua metotode yang digunakan untuk menulis program dalam matlab. Kedua metode itu adalah metode langsung dan metode tidak langsung.
1. Metode penulisan secara langsung
Untuk menulis program dengan bahas matlab secara langsung maka program itu dapat ditulis langsung di layar interaktif matlab. Setiap kode atau perintah
2. Metode penulisan secara tidak langsung
Metode secara tidak langsung biasanya menggunakan M-file.
4. Jendela-jendela dalam matlab sebagai berikut :
a. Command Window (Jendela Perintah)
Command Window (jendela perintah) merupakan window yang dibuka pertama kali setiap kali MATLAB dijalankan. Pada Command Window ini semua perintah matlab dituliskan dan dieksekusi. Kita dapat menuliskan perintah yang diperlukan seperti perhitungan biasa, memanggil fungsi, mencari informasi tentang sebuah fungsi (help), demo program, dan sebagainya. Setiap penulisan perintah di sini selalu diawali dengan prompt ‘>>’. Misalnya, kita akan mencari hasil 8/2, maka dalam jendela kita dapat menuliskan:
> 8/2
ans =
4
b. MATLAB editor / Debugger (Editor M-File / Pencarian Kesalahan)
Window ini merupakan sederetan perintah matlab yang dituliskan secara berurutan sebagai sebuah file, yang berfungsi sebagai editor script MATLAB (M-File).
Contoh script:

c. A
d. A
e. A
f. a
B. Mengkonstruksikan Matrik Dengan Matlab
C. Menggambar Grafik Fungsi Dua Dimensi

Tidak ada komentar: